Agonal (interview)


Members: 
Jon Francis (guitars/vocals/bass/drums/keys) 
Ville Hämäläinen (vocals/guitar)

Genre: 
Doom/ Death/ Gothic Metal

Hometown: 
Lexington, KY

More information:

Q: How Agonal formed? 
Q: Bagaimana Agonal terbentuk?

A: Agonal was formed in the winter of 2010 by Jon Francis from the state of Kentucky, USA. The goal of the project was to create music that praised and relied on God through the calm and the storm. Each album in the trilogy (Nikao, Threneo, and A Suffering Complete) represents the different aspects of our lives that we go through; from sorrow and joy, to trials and tribulations, from victory and celebration, to defeat and struggle. Perseverance through God is the central theme these albums attempt to encompass, with the style and sound to match. The last album "Death Defeated" represents the final work of our Messiah Jesus Christ who defeated death and hell forever.
A: Agonal dibentuk pada musim dingin 2010 oleh Jon Francis dari negara bagian Kentucky, Amerika Serikat. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menciptakan musik untuk memuji dan mengandalkan Tuhan melalui tenang dan badai. Setiap album di trilogi (Nikao, Threneo, dan A Suffering Complete) mewakili aspek yang berbeda dari kehidupan kita yang kita lalui; dari kesedihan dan kegembiraan, cobaan dan penderitaan, dari kemenangan dan perayaan, untuk mengalahkan dan memperjuangkan. Ketekunan melalui Tuhan adalah tema utama album ini, dengan gaya dan suara untuk mendapatkan yang pas. Album terakhir "Death Defeated" merupakan karya terakhir dari Penyelamat kita Yesus Kristus yang mengalahkan kematian dan neraka selamanya.


Q: Please introduce your band members? 
Q: Perkenalkan anggota band kalian?

A: Jon Francis is the main brainchild behind Agonal and on the first two albums it only consisted of contributions by him. After being signed by Sanctus Gladius Records in late 2012 Jon brought in some of his friends on the album “A Suffering Complete.” Our current lineup consists of Finnish singer and guitarist Ville Hämäläinen and Jon Francis. They have been collaborating since the song “Unyielding” and will hopefully collaborate more in the future.
A: Jon Francis adalah penggagas utama di balik Agonal dan pada dua album pertama hanya terdiri dari kontribusi olehnya. Setelah ditandatangani oleh Sanctus Gladius Records pada akhir 2012 Jon membawa beberapa temannya di album "A Suffering Complete." Lineup kami saat ini terdiri dari penyanyi dan gitaris Ville Hamalainen dan Jon Francis. Mereka telah berkolaborasi sejak lagu "Unyeilding" dan mudah-mudahan akan berkolaborasi di masa depan.


Q: Why did you choose Agonal as the band's name? 
Q: Kenapa memilih Agonal sebagai nama band?

Jon Francis: I have a medical background in EMS and currently I work as an RN. Reading medical textbooks I always liked the idea of using agonal as a metal band name. Agonal breathing or an agonal rhythm on an EKG is a dying rhythm. The idea behind the band's name is that our life is but a vapor and we are all dying without Christ. We need to rely on Jesus to save us before our last breath.
Jon Francis: Saya memiliki latar belakang medis di EMS dan saat ini saya bekerja sebagai RN. Membaca buku teks kedokteran Saya selalu menyukai ide menggunakan agonal sebagai nama band metal. bernapas Agonal atau ritme agonal pada EKG adalah ritme sekarat. Ide di balik nama band ini adalah bahwa hidup kita hanyalah uap dan kita semua mati tanpa Kristus. Kita perlu mengandalkan Yesus untuk menyelamatkan kita sebelum menghembuskan nafas terakhir.


Q: What the purpose of forming this band? 
Q: Apa tujuan membentuk band ini?

A: To spread the gospel and reach the ones who have been forgotten by much of the world and show them Christ's love.
A: Untuk menyebarkan Injil dan menjangkau orang-orang yang telah dilupakan oleh banyak orang di dunia dan menunjukkan kepada mereka kasih Kristus.


Q: Who are your music influences? 
Q: Siapa saja yang mempengaruhi gaya musik kalian?

Jon: My main influence is God's Holy Word and the Holy Spirit within me but I enjoy a lot of music and have a wide variety of influences, many I listened to before I was saved but still enjoy them. Some examples are: Evergrey, My Dying Bride, Katatonia, Nevermore, Swallow the Sun, Opeth, Hans Zimmer, and Clint Mansell. I also highly enjoy black gospel such as Eddie James, Anthony Brown, and Fred Hammond. 
Jon: Pengaruh terbesar saya adalah Firman Suci Allah dan Roh Kudus dalam diri saya tapi saya menikmati banyak musik dan memiliki berbagai macam pengaruh juga, saya banyak mendengarkan sebelum saya diselamatkan tetapi masih menikmatinya. Beberapa contoh adalah: Evergrey, My Dying Bride, Katatonia, Nevermore, Swallow The Sun, Opeth, Hans Zimmer, dan Clint Mansell. Saya juga sangat menikmati black gospel seperti Eddie James, Anthony Brown, dan Fred Hammond.

Ville: For Agonal its mostly Schaliach, Extol, old Amorphis, and Vardøger but roots of my playing style are in 80's hard rock and Japanese music. I listen to a lot of new music and new music styles.
Ville: Untuk Agonal sebagian besar Schaliach, Extol, old Amorphis, dan Vardøger tetapi akar gaya bermain saya berada di hard rock 80-an dan musik Jepang. Saya mendengarkan banyak musik baru dan gaya musik baru.


Q: Do you guys have a testimony with Christ in your life?
Q: Apa kalian mempunyai kesaksian bersama Kristus?

Jon: I was saved in the spring of 2009. I was actually under demonic possession and called out to God for help. It is a very long story but a pastor came to my house and taught me about Jesus and the very moment I believed Jesus has power over the demons they immediately went away and never returned. My eyes were opened and the colors were so vivid as if I was in black and white before. I have been on fire for God ever since and have never doubted in Him or His saving power. 
Jon: Saya diselamatkan pada musim semi 2009. Saya benar-benar di bawah kerasukan setan dan memanggil bantuan Tuhan. Ini adalah cerita yang sangat panjang tapi seorang pendeta datang ke rumah saya dan mengajari saya tentang Yesus dan saat saya percaya Yesus berkuasa atas setan mereka segera pergi dan tidak pernah kembali. Mata saya terbuka dan warna yang begitu hidup seolah-olah saya dalam warna hitam dan putih sebelumnya. Saya on fire bagi Allah sejak itu dan tidak pernah meragukan di dalam Dia atau kekuatan keselamatan-Nya.

Ville: I was raised in a Christian family and it has been natural to grow into a Christian. Even in my worst days Christ has been with me. There are no juicy stories, but God really has been faithful and guides our lives if we just allow it.
Ville: Saya dibesarkan dalam keluarga Kristen dan tumbuh secara alami menjadi seorang Kristen. Bahkan di hari-hari terburuk saya Kristus bersama saya. Tidak ada cerita menarik, tapi Tuhan benar-benar telah setia dan membimbing hidup kita jika kita mengizinkanNya.


Q: What you think about the church that blessing the gay and lesbian marriage? 
Q: Apa pendapat kalian tentang gereja yang memberkati pernikahan LGBT?

Jon: I don't dictate my opinions based on my feelings but what God's Word states and He states marriage is between one man and one woman. Romans 1 states that it is a vile affliction and that God has gave them over to a reprobate mind. 
Jon: Saya tidak mendikte pendapat saya didasarkan pada perasaan saya tapi apa kata Firman Tuhan dan Dia menyatakan pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita. Roma 1 menyatakan bahwa itu adalah penderitaan keji dan bahwa Allah telah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk.

Ville: I'd hope that churches wouldn't go that way. From my view it's not biblical but I don't think its the biggest issue of today's church. As an issue its not simple for Christians.
Ville: Saya akan berharap bahwa gereja-gereja tidak akan berjalan dengan cara itu. Dari pandangan saya itu tidak alkitabiah tapi saya tidak berpikir masalah terbesar dari gereja hari ini. Sebagai isu yang tidak sederhana bagi orang Kristen.


Q: What do you think about Indonesia? 
Q: Apa pendapat kalian tentang Indonesia?

Jon: I love them and I commend the Christians who live under persecution there. May God protect you, bless you, and comfort you. 
Jon: Aku mencintai mereka dan saya salut dengan orang-orang Kristen yang hidup di bawah penindasan di sana. Semoga Allah melindungi kalian, memberkati kalian, dan menghibur kalian.

Ville: If I'm honest I don't know much about Indonesia. I know it from movies (The Raid) and the band Kekal.
Ville: Jika saya jujur saya tidak tahu banyak tentang Indonesia. Aku tahu itu dari film (The Raid) dan band Kekal.


Q: Would you like to have a gig in Indonesia someday? 
Q: Apa kalian ingin bermain ke Indonesia suatu hari nanti?

Jon: I would enjoy that but as for now Agonal is not a live band because we are only two members and live thousands of miles away from each other. 
Jon: Saya akan senang itu tetapi untuk sekarang Agonal tidak live band karena kami hanya dua anggota dan hidup ribuan mil jauhnya dari satu sama lain.

Ville: I like travelling and asian food so it would be nice but very hard to arrange since we live in a different continent. But I have noticed that more than music I love the connection and faith that different kind of Christian's share wherever they are and therefore it would be really cool experience
Ville: Saya suka bepergian dan makanan Asia, akan menyenangkan tetapi sangat sulit untuk mengatur karena kita hidup di benua yang berbeda. Tapi saya telah memperhatikan bahwa ini lebih dari musik Saya suka terhubung dan percaya bahwa yang perberbedaan dari pengalaman kristen yang dibagikan di mana pun mereka berada akan menjadi pengalaman yang benar-benar keren


Q: What do you guys think about the radical terrorist acts by ISIS and others? 
Q: Apa pendapat kalian tentang gerakan radikal teroris seperi ISIS dan yang lainnya?

Jon: In the last days Jesus said many will hate one another and kill one another. There would be wars and rumors of wars. I see it as a sign of the times and things will only get worse as it is written. It is very sad and terrible but it is important not to be consumed by violence or fear but rather trust in God fully. 
Jon: Pada hari-hari terakhir Yesus berkata banyak akan saling membenci dan membunuh satu sama lain. Akan ada perang dan rumor tentang perang. Aku melihatnya sebagai tanda zaman dan hal-hal hanya akan bertambah buruk seperti yang tertulis. Hal ini sangat menyedihkan dan mengerikan tetapi penting untuk tidak dikonsumsi oleh kekerasan atau takut melainkan percaya pada Tuhan sepenuhnya.

Ville: Lots of things but in short I think it is the dark side of human nature. If we feed our hate it will grow into evil acts like that. I believe we all have the capability to do such things. I don't want to talk the (superpower) politics side of the whole thing.
Ville: Banyak hal tapi singkatnya saya pikir itu adalah sisi gelap dari sifat manusia. Jika kita makan kebencian kami akan tumbuh menjadi perbuatan jahat seperti itu. Saya percaya kita semua memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal seperti itu. Saya tidak ingin berbicara sisi (superpower) politik dari semuanya.


Q: Please tell us about your last album "Death Defeated" about? 
Q: Tolong ceritakan album terakhir kalian "Death Defeated"?

Jon: Praise and worship of God and thankfulness for Him dying for our sins. He is alive and has defeated death and hell forevermore. Through Him we have eternal life and peace. 
Jon: Memuji dan menyembah Tuhan dan syukur bagi Dia mati untuk dosa-dosa kita. Dia masih hidup dan telah mengalahkan maut dan neraka selama-lamanya. Melalui Dia kita memiliki hidup yang kekal dan damai.

Ville: I wrote three songs. "Prayer" is a variation of The Lord's Prayer which is a prayer I have learn to love in the last years. "Almighty" is a song that has the idea of keeping the same faith alive that has been practiced from generation to generation begining from the ancient times. Søndag is a hymn or a praise song but just made in Norwegian. I recorded it originally for my project band Eien.
Ville: Saya menulis tiga lagu. "Prayer" adalah variasi dari Doa Tuhan yang adalah doa yang saya harus pelajari untuk mencintai dalam tahun-tahun terakhir. "Almighty" adalah lagu yang memiliki ide menjaga iman yang sama hidup yang telah dipraktekkan dari generasi ke generasi awal dari zaman kuno. Søndag adalah sebuah himne atau lagu pujian tetapi hanya dibuat di Norwegia. Aku merekamnya awalnya untuk band proyek saya Eien.


Q: What do you think about people who think Metal Music is Satanic Music? 
Q: Apa pendapat kalian tentang orang yang berpikiran bahwa musik metal itu musik setan?

Jon: This is a tough subject because some metal music is satanic. The intent of the writer and the words and spirit in which it was written determine if it is of God or the devil. Psalm 33:3 says: “Sing unto him a new song; play skillfully with a loud noise”. I think we can praise God many different ways and its the heart and intent behind the music that counts. 
Jon: Ini adalah topik yang sulit karena beberapa musik metal itu satanic. Maksud dari penulis dan kata-kata dan semangat yang ditulis menentukan apakah itu adalah Tuhan atau setan. Mazmur 33: 3 mengatakan: "Nyanyikanlah bagi-Nya nyanyian baru; petiklah kecapi baik-baik dengan sorak-sorai!". Saya pikir kita bisa memuji Tuhan dengan berbagai cara dan yang hati dan maksud di balik musik yang diperhitungkan.

Ville: It's a very rare thinking in today's Finland. I don't mind if someone thinks that way. It's not my problem.
Ville: Ini adalah pemikiran yang sangat langka di Finlandia hari ini. Saya tidak keberatan jika seseorang berpikir seperti itu. Ini bukan masalah saya.


Q: What are your plans for the future? 
Q: Apa rencana kalian kedepan?

Jon: To continue writing music as time allows giving praise to The Almighty, and growing as a musician and in mixing abilities. 
Jon: Terus menulis lagu sebagai waktu memungkinkan memberikan pujian untuk Sang Maha Kuasa, dan tumbuh sebagai seorang musisi dan kemampuan mixing.

Ville: I don't know about Agonal but I'll do music in future too in many different styles.
Ville: Saya tidak tahu tentang Agonal tapi aku akan bermusik di masa depan juga dalam berbagai gaya.


Q: Any last word for Indonesian Metalheads?
Q: Ada pesan terakhir untuk Metalhead di Indonesia?

Jon: Follow God and not man. If you don't know Jesus as your savior I encourage you to get to know Him through the gospel of Matthew, Mark, Luke, and John in The Holy Bible and know there is no peace or joy outside of Christ. To the Christians remember: although we are surrounded by darkness we will never abandon the light. 
Jon: Ikuti Tuhan dan bukan manusia. Jika kalian tidak tahu Yesus sebagai Juruselamat kalian, saya mendorong kalian untuk mengenal-Nya melalui Injil Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes di Alkitab dan ketahuilah tidak ada damai atau sukacita di luar Kristus. Untuk orang-orang Kristen ingatlah: meskipun kita dikelilingi oleh kegelapan kita tidak akan pernah meninggalkan cahaya.

Ville: I hope and pray that you all keep your faith and learn to love Christ and bible more and more daily. Please pray for us Christians here far away too!
Ville: Saya berharap dan berdoa untuk kalian semua menjaga iman kalian dan belajar untuk mengasihi Kristus dan Alkitab lebih dan lebih setiap hari. Doakan kami orang Kristen di sini jauh juga!


0 comments :