Brutal Cross (interview)


Members: 
Thomas

Genre: 
Black Metal/Death Metal/Metal

Hometown: 
Wegorzewo, Poland

More Information:



Shalom!!!
Kali ini Christian Metal Indonesia mendapat kesempatan untuk mewawancarai Brutal Cross project solo dari Tomasz "Thomas" Sulowski. Langsung aja kita simak!

Q: How Brutal Cross formed?
Q: Bagaimana Brutal Cross terbentuk?
A: Idea to start band came to me in around 2001. It took me long time to actually get to place, where i was able to record anything. We need to make something clear upfront, whole music adventure is closely related to my encounter with Jesus Christ which took place in 2000. Since that moment i start to move in other direction in life, from the darkness to the light. That was also time when i got my first guitar and shortly after that something amazing happened. God spoke to one of the people i knew and the guy just gave me his own guitar, expensive one, something i could never afford to buy, it just blown me away. I never knew that God can love me so much that he gave me something even though i totally didn't deserve it. That was just beginning but as you can see it was a bit supernatural. Later on i had another strange situation when i learn how to pray to God, it was still all new to me, but i prayed for electric guitar, and without giving much details i will just say that i got it also. There was this inner drive to music in me, and everything was going this direction. Later on i became worship leader in church, but i always knew that i love heavy music and thats my direction. Even though many people discouraged me telling me that heavy music is of the devil, it was still in me. In 2010 i start recording first album, it was learning curve and all new to me, but i just had this desire and i did it. Thats how Brutal Cross started.
A: Ide untuk memulai band datang kepada saya di sekitar tahun 2001. Butuh waktu lama untuk benar-benar sampai ke tempat itu, di mana saya bisa merekam apa pun. Kita perlu membuat sesuatu jelas diawal, seluruh petualangan musik berkaitan erat dengan pertemuan saya dengan Yesus Kristus yang berlangsung pada tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai bergerak ke arah lain dalam hidup, dari kegelapan menuju terang. Itu juga ketika saya mendapatkan gitar pertama saya dan tak lama setelah itu sesuatu yang menakjubkan terjadi. Allah berbicara kepada salah satu orang yang saya kenal dan orang itu memberi saya gitar, yang mahal, sesuatu yang saya tidak pernah mampu untuk membeli, itu membuat saya kagum. Aku tidak pernah tahu bahwa Allah bisa mencintai saya begitu luar biasa, Dia memberi saya sesuatu meskipun saya benar-benar tidak pantas mendapatkannya. Itu baru awalnya karena kamu dapat melihat hal itu sedikit supranatural. Kemudian saya memiliki situasi yang aneh lagi ketika saya belajar bagaimana untuk berdoa kepada Tuhan, itu semua masih baru bagi saya, tapi saya berdoa untuk gitar listrik, dan tanpa memberikan banyak rincian saya hanya akan mengatakan bahwa saya mendapatkannya juga. Ada dorongan batin saya di musik, dan semuanya mengarah ke ini. Kemudian saya menjadi pemimpin pujian di gereja, tetapi saya selalu tahu bahwa saya mencintai musik cadas dan itulah arah saya. Meskipun banyak orang putus asa mengatakan kepada saya bahwa musik cadas berasal dari Iblis, tapi ini akan tetap menjadi jatidiriku. Pada tahun 2010 saya mulai merekam album pertama, ini adalah kurva pembelajaran dan semua baru bagi saya, tapi saya punya keinginan ini dan saya melakukannya. Itulah bagaimana Brutal Cross dimulai.


Q: Why did you choose Brutal Cross as the band's name? 
Q: Kenapa memilih Brutal Cross sebagai nama band?
A: The name idea was quite simple, we all know how crucifixion looks like. The name was strictly related to Christ suffering on the cross.
A: Ide nama itu cukup sederhana, kita semua tahu bagaimana penyaliban itu terjadi. Nama itu sangat berhubungan dengan Kristus menderita di kayu salib.



Q: What the purpose of forming this band? 
Q: Apa tujuan membuat band ini?
A: There was few reasons for starting the band. First of all, we need to understand that as a born again christians we start to move in certain directions in life. For some people it might be art, some of us have this drive to do other things like teaching others etc. Regardless of what we have in our hearts, once we are living close to God and have vibrant relationship with Him, our life will bring fruits. For me Brutal Cross was something to glorify God, and to reach some people with His message, something what gave me opportunity to speak out loud about things inside me. It was also beginning of my adventure with music making, and I'm still moving that direction.
A: Ada beberapa alasan untuk memulai band. Pertama-tama, kita perlu memahami bahwa sebagai orang kristen yang lahir baru kita mulai bergerak dalam arah yang jelas dalam kehidupan. Bagi sebagian orang mungkin seni, sebagian dari kita memiliki tujuan ini untuk melakukan hal-hal lain seperti mengajar orang lain dan lain-lain. Terlepas dari apa yang kita miliki di dalam hati kita, setelah kita hidup dekat dengan Tuhan dan memiliki hubungan yang hidup dengan-Nya, hidup kita akan membawa berkat. Bagi saya Brutal Cross sesuatu untuk memuliakan Tuhan, dan untuk memberitakan ke orang dengan pesan-Nya, sesuatu yang memberi saya kesempatan untuk berbicara keras tentang hal-hal di dalam diriku. Ini juga permulaan petualangan saya dengan pembuatan musik, dan saya masih bergerak ke arah itu.


Q: Do you guys have a testimony with Christ in your life?
Q: Apa kalian mempunyai kesaksian dengan Kristus?
A: My testimony is quite long story and unfortunately its a bit dark story also. It wont be one of those stories when Christ came to me and since that all was great. I grew up in dysfunctional family, where alcohol did a lot of harm. Most of my life i was dreaming about death, and a lot of time i wished i was never born. Suicidal thoughts, violent life and darkness was my daily bread. When i was 13 i started to drink alcohol, at 15 I started to use drugs. At age of 18 i was completely and totally devastated inside. Problems in school, problems with police, problems everywhere. I hated God and hated christians but one day something happened. Me and 2 of my best friends were kicked out of school and at that time we just smoke weed and that was our life without future. During that time one of my friends start to read new testament, and something happened to him. He didn't know how to explain that but he actually had encounter with Holy Spirit who convicted him of sin etc. Then my friend talked to me about our life and he basically ruin my world view during one conversation. There was this power in his words i couldn't explain what was that, one thing i knew it make me mad, as everything he said was truth, but i didn't want to know that truth. Making long story short, i finally started to read new testament. And there was nothing interesting for me until i read Mark 16:17-18 “And these signs will accompany those who believe: In my name they will drive out demons; they will speak in new tongues;they will pick up snakes with their hands; and when they drink deadly poison, it will not hurt them at all; they will place their hands on sick people, and they will get well." ....miracles, healing, casting out demons...that was something very interesting to me. Things get even better when we discovered that in our small town there was christian church where those things still happened. Curiosity was stronger than fear me and my friends went for a meeting. Our plan was to take power those christians had and just leave. During the meeting in small apartment we meet some nice people some of theme we knew about. They were ex satanists, occultists, anarchists etc. Once worship finished one of girls asked me do i want to receive Jesus as a my lord and savior? I reply yes and they prayed for me. There was 4 of us, new guys and one of us started to speak in other tongues. We knew that something happen but i didn't felt anything so i thought it didn't work for me. Next day i wake up and i didn't have desire to smoke weed, it was gone. Few days later i went too pub to get drunk and that was first time when i encountered God in very irrational way. While sitting in pub and drinking i start to have those thoughts telling me that I'm wasting my life, that this place is not for me and suddenly all was so grey and i just didn't want to be there. Once i got home i nearly cried i went to bed and i knew i just knew God is sad, i wasn't atheist anymore i just lost completely my unbelief i knew God is real. That was just beginning of my journey, unfortunately i cant say it was nice and easy way.I went through my personal hell and things didn't work well always. I didn't understand demonic stuff in my life, but i had serious problems coming up. In all that oppression i had encountered, God didn't left me even though i didn't felt Him an a lot of time i felt completely abandoned by Him. Today i know who He is and i mean it, i know his character and He knows me. Im in different place, still life is not easy but God is the one who is still around I have seen healing, i have seen deliverance, God's power is still active and i would like to see it more in my life.
A: Kesaksian saya cukup panjang dan sayangnya kisahnya sedikit gelap juga. Ini bukan salah satu cerita ketika Kristus datang kepada saya dan sejak itu semua menjadi baik. Saya dibesarkan di keluarga yang disfungsional, di mana alkohol melakukan banyak kejahatan. Sebagian besar hidup saya saya bermimpi tentang kematian, dan seringkali aku berharap aku tidak pernah lahir. Pikiran untuk bunuh diri, kehidupan yang keras dan gelap adalah makanan sehari-hari saya. Ketika saya masih 13 tahun saya mulai minum alkohol, pada usia 15 tahun saya mulai menggunakan obat-obatan. Pada usia 18 tahun saya benar-benar dan benar-benar hancur di dalam. Masalah di sekolah, masalah dengan polisi, masalah di mana-mana. Aku benci Allah dan membenci orang Kristen tapi suatu hari terjadi sesuatu. Saya dan 2 dari teman-teman terbaik saya telah dikeluarkan dari sekolah dan pada saat itu kami hanya merokok ganja dan itu hidup kita tanpa masa depan. Selama waktu itu salah satu teman saya mulai membaca Perjanjian Baru, dan sesuatu terjadi padanya. Dia tidak tahu bagaimana menjelaskan itu tetapi ia benar-benar memiliki perjumpaan dengan Roh Kudus yang menghukum dia dari dosa dll. Kemudian teman saya berbicara kepada saya tentang hidup kita dan dia pada dasarnya merusak pandangan saya tentang dunia dalam satu percakapan. Ada kekuatan dalam kata-katanya, saya tidak bisa menjelaskan apa itu, satu hal yang saya tahu itu membuat saya marah, karena semua yang dia katakan adalah kebenaran, tapi saya tidak ingin tahu kebenaran itu. Untuk mempersingkat cerita panjangku, saya akhirnya mulai membaca Perjanjian Baru. Dan tidak ada yang menarik bagi saya sampai saya membaca Markus 16: 17-18 "Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.".... mukjizat, penyembuhan, mengusir setan ... itu adalah sesuatu yang sangat menarik bagi saya. Semua menjadi lebih baik ketika kami menemukan bahwa di kota kecil kami ada gereja Kristen di mana hal ini masih terjadi. Rasa ingin tahu lebih kuat dari ketakutan saya dan teman-teman saya pergi untuk rapat. Rencana kami adalah untuk mengambil kekuasaan orang kristen itu dan pergi. Selama pertemuan di apartemen kecil kita bertemu dengan beberapa orang baik beberapa dari mereka kita kenal. Mereka mantan pemuja setan, okultis, anarkis dll. Setelah ibadah selesai satu dari gadis-gadis bertanya apakah saya ingin menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat? aku menjawab ya dan mereka berdoa untuk saya. Ada 4 kita dan laki-laki baru salah satu dari kami mulai berbicara dalam bahasa lain. Kami tahu bahwa sesuatu yang terjadi tapi aku tidak merasa apa-apa jadi saya pikir itu tidak bekerja untuk saya. Hari berikutnya saya bangun dan saya tidak punya keinginan untuk merokok ganja, rasa itu hilang. Beberapa hari kemudian saya pergi ke pub untuk mabuk dan itu pertama kalinya ketika saya temui Allah dalam cara yang sangat tidak rasional. Sambil duduk di pub dan minum saya mulai memiliki pikiran-pikiran yang mengatakan bahwa aku menyia-nyiakan hidup saya, bahwa tempat ini bukan untuk saya dan tiba-tiba semua itu begitu abu-abu dan aku hanya tidak ingin berada di sana. Setelah saya sampai di rumah saya hampir menangis aku pergi ke tempat tidur dan aku tahu aku hanya tahu Tuhan sedih, saya tidak atheis lagi saya hanya kehilangan sepenuhnya percaya saya, saya tahu Allah itu nyata. Itu awal dari perjalanan saya, sayangnya saya tidak bisa menyampaikan itu secara baik dan mudah. Saya pergi melalui neraka pribadi saya dan hal-hal tidak selalu bekerja dengan baik. Aku tidak mengerti hal-hal jahat dalam hidup saya, tapi saya punya masalah serius yang datang. Dalam semua penindasan yang saya temui Tuhan tidak meninggalkan saya meskipun saya tidak merasakanNya, sering saya merasa benar-benar ditinggalkan oleh-Nya. Hari ini saya tahu siapa Dia dan aku bersungguh-sungguh, saya tahu karakter dan Dia tahu saya. Saya di tempat yang berbeda, hidup masih ini tidak mudah tetapi Allah adalah satu-satunya yang masih ada ketika saya telah melihat penyembuhan, saya telah melihat pembebasan, kuasa Allah masih aktif dan saya ingin melihat lebih dalam hidup saya.


Q: What you think about the church that blessing the gay and lesbian marriage?
Q: Apa pendapatmu tentang gereja yang memberkati pernikahan LGBT?
A: There was enough said about subject of gay marriage etc. Im straight to the point here – Bible call it Sin. If any church is pro gay and try to change God's Word in order to get applause from people, or to be more “tolerant” i will call it deception. I met christian homosexuals who still consider themselves homosexuals, but they not participate in homosexual activities as they repented and turned to Christ. I know about Homosexuals who are completely free from their homosexuality and are 100 % heterosexual. There is plenty different people in church and Church of Jesus Christ is here to be light in the darkness. If church consider darkness as a something positive, normal or even good its clear deception to me.
A: Ada banyak pembicaraan tentang topik dari perkawinan gay dll. Saya langsung ke poinnya di sini - Alkitab menyebutnya Dosa. Jika gereja apapun pro gay dan mencoba untuk mengubah Firman Tuhan untuk mendapatkan tepuk tangan dari orang-orang, atau lebih "toleran" saya akan menyebutnya penipuan. Saya bertemu homoseksual christian yang masih menganggap mereka homoseksual, tetapi mereka tidak berpartisipasi dalam kegiatan homoseksual karena mereka bertobat dan berbalik kepada Kristus. Aku tahu tentang Homoseksual yang benar-benar bebas dari homoseksualitas mereka dan 100% heteroseksual. Ada orang banyak yang berbeda di gereja dan Gereja Yesus Kristus di sini untuk menjadi terang dalam kegelapan. Jika gereja menganggap kegelapan sebagai sesuatu yang positif, normal atau bahkan baik penipuan yang jelas bagi saya.


Q: What do you think about Indonesia?
Q: Apa pendapatmu tentang Indonesia?
A: Good question. I don't know much about Indonesia, except few facts: Indonesia looks like paradise on the earth, I'm talking about nature especially, that would be my top holiday destination. For guy like me living in Europe it's completely different world. And another interesting thing is that, if you will take your flag and put in upside down you will get Polish flag, heheh.
A: Pertanyaan  yang bagus. Aku tidak tahu banyak tentang Indonesia, kecuali beberapa fakta: Indonesia terlihat seperti surga di bumi, saya sedang berbicara tentang alam khususnya, yang akan menjadi tujuan liburan saya. Untuk orang seperti saya yang tinggal di Eropa itu adalah dunia yang sama sekali berbeda. Dan hal lain yang menarik adalah bahwa, jika kamu mengambil benderamu dan diletakkan secara terbalik kamu akan mendapatkan bendera Polandia, hehe.


Q: Would you like to have a gig in Indonesia?
Q: Apa anda ingin bermain di Indonesia?
A: Brutal Cross is one man project so it would be difficult, but i have other band and i would not hesitate to come and play some gig here and there.
A: Brutal Cross adalah proyek individu sehingga akan sulit, tetapi saya memiliki band lainnya dan saya tidak akan ragu-ragu untuk datang dan bermain beberapa pertunjukan di sana-sini.


Q: What do you guys think about the radical terrorist acts by ISIS and others?
Q: Apa pendapatmu tentang gerakan radikal teroris seperti ISIS dan yang lainnya?
A: If it comes to ISIS and all similar groups, my personal opinion is that this groups need to be destroyed. I will be even more specific here, they need to be wiped out from the face of the earth. It's not about vengeance or anything like that. If ISIS will not be stopped this demonic group will ruin lives of many more people. Regions controlled by ISIS are completely free from Gospel. This people are leading thousands or hundreds of thousands straight to hell. ISIS need to be destroyed in order to save others, especially children.
A: Jika tentang ISIS dan semua kelompok yang sejenis, pendapat pribadi saya adalah bahwa kelompok ini harus dihancurkan. Saya akan lebih spesifik di sini, mereka harus dihapuskan dari muka bumi. Ini bukan tentang balas dendam atau sesuatu seperti itu. Jika ISIS tidak akan berhenti kelompok setan ini akan merusak kehidupan banyak orang. Daerah dikendalikan oleh ISIS benar-benar bebas dari Injil. Orang ini memimpin ribuan atau ratusan ribu langsung ke neraka. ISIS perlu dihancurkan untuk menyelamatkan orang lain, terutama anak-anak.


Q: What are your plans for the future?
Q: Apa rencanamu kedepan?
A: Currently life got really busy. Family, work and music on the top of that. Im currently releasing first album of my new band called Whisper Within. In future when life will slow down a bit I'm hoping to get some new Brutal Cross stuff done. Music is big part of my life, even though sometimes it's really difficult to make it work. What will future bring i don't really know. We all struggle in life, we might have plans not always everything works like it should, but i certainly will be moving in music direction and Brutal Cross is still something i will be doing and next release will be better than previous, thats what i can say for now. Thanks guys for having me, and God Bless Indonesia – stay strong!!! Tomasz ”Thomas” Sulowski
A: Saat ini benar-benar sibuk. Keluarga, pekerjaan dan musik di atas itu. Saya sedang merilis album pertama band baru saya Whisper Within. Kedepannya ketika hidup dapat diperlambat sedikit Aku berharap untuk membuat Brutal Cross lagi. Musik adalah bagian besar dari hidup saya, meskipun kadang-kadang itu benar-benar sulit untuk membuatnya bekerja. Apa yang masa depan bawa saya tidak benar-benar tahu. Kita semua berjuang dalam hidup, kita mungkin memiliki rencana tidak selalu semuanya berjalan seperti seharusnya, tapi saya pasti akan bergerak ke arah musik dan Brutal Cross masih saya kerjakan dan rilis berikutnya akan lebih baik dari sebelumnya, itu apa yang saya bisa katakan untuk saat ini. Terimakasih sudah memberi saya kesempatan, dan Tuhan memberkati Indonesia - tetap kuat !!! Tomasz "Thomas" Sulowski

0 comments :